Batman Begins - Diagonal Resize 2

Selasa, 30 Mei 2017

Manfaat Kerja Tim Yang Baik

Essay Manfaat Kerja Tim Yang Baik
Oleh: Ahmad Nasihun Amin

            Dalam organisasi tentu kita mengenal adanya kerja tim (teamwork) dimana sistem perkerjaan dikerjakan oleh dua orang atau lebih untuk mendapatkan tujuan yang disepakati bersama, sehingga suasana hati berpengaruh terhadap kinerja kita tidak bisa dipungkiri lagi bahwasannya suasana hati yang harmonis akan menghasilkan produktivitas yang tinggi dari setiap anggota organisasi dan begitu pula sebaliknya, hal itulah yang melandasi mau tidak mau harus disadari dan dimengerti oleh pemimpin organisasi.Penyelenggaraan teamwork dilakukan karena semakin meningkatnya persaingan, sehingga keberhasilan organisasi akan bergantung pada teamwork itu sendiri.
            Bekerja dalam tim memiliki banyak fungsi dan manfaat, fungsinya yaitu antara lain mengubah sikap, perilaku dan nilai-nilai pribadi sementara manfat kerja tim meningkatkan produktivitas kerja, kualitas kerja, dan kemajuan organisasi. Karena besarnya manfaat dari kerja tim sehingga sebagian besar anggota organisasi menganggap bahwa organisasi merupakan rumah kedua dan penting kiranya kita untuk mempererat hubungan antar sesama anggota salah satunya dengan mengetahui apa saja yang dapat dilakukan untuk menciptakan kerja tim yang baik, hal ini dapat dilakukan dengan adanya kerjasama, kepercayaan, kesabaran, keterbukaan, dukungan, dan memberikan penghargaan. Selain itu komunikasi juga merupakan hal yang penting cara sederhana meningkatkan komunikasi adalah dengan memperbanyak pertemuan di luar organisasi dengan menciptakan suasana yang santai hal ini akan berdampak pada hubungan antar anggota di dalam suatu organisasi. Karena kerja tim akan menjadi penentu mulus tidaknya perjalanan organisasi sehingga diperlukan adanya kerjasama yang baik dalam melaksanakan tanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi.
            Oleh karena itu dapat kita ketahui bersama bahwa manfaat dari adanya kerja tim yaitu untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan, perundigan dan bernegosiasi, selain itu  agar anggota organisasi memiliki visi dan misi yang sama dalam menyelesaikan tugas atau pekerjaannya secara efektif dan efisien


Tidak ada komentar:

Posting Komentar